Sabtu, 10 Maret 2012

Kelebihan Dan Kekurangan Search Engine

Kali ini saya akan memposting tentang kelebihan dan kekurangan search engine. Namun sebelumnya, saya akan memberikan pengertian tentang search engine.

Search Engine atau Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (www) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.


Nah, ini adalah jenis – jenis search engine beserta kekurangan dan kelebihannya :


1.Google

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 miliar, menjadikannya bernilai $23 miliar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video. 


Kelebihan :
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

Kekurangan:
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
2. Filter pencariannya terkadang langsung menuju hal yang private seperti Database, dan kadang kita mendengar google hacking, yaitu mencari data-data privacy. 


Cara mengakses mesin pencari Google adalah dengan membuka http://www.google.com atau http://www.google.co.id untuk Indonesia




2.Yahoo
Yahoo dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan diresmikan sebagai badan hukum pada tanggal 1 Maret 1995. Pada tanggal 13 Januari 2009, Yahoo mengangkat Carol Bartz, mantan kepala eksekutif Autodesk, sebagai kepala eksekutif dan anggota dewan direksi Yahoo yang baru.


Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.

Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.

Kelebihan :
1. Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
2. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3. Fiturnyanya yang komplit.
4. Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalogweb. Link ke menu bantuan (help) juga dapat            dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.

Kekurangan :
1. Loadingnya membutuhkan waktu yang lama
2. Tampilan terlalu maximalis

3. Tidak memiliki artikel selengkap Search Engine lain. Dengan kata kunci yang sama, YAHOO! menemukan jumlah artikel yang lebih sedikit daripada GOOGLE.
4. Terlalu banyak melakukan update, sehingga pengguna tidak dapat membandingkan secara signifikan YAHOO! dan search engine lainnya.
5. Berita-berita terbaru di YAHOO! juga ada di search engine yang lain, sehingga dapat dikatakan
tidak  ada hal yang berbeda di dalam berita-berita YAHOO!
6.  Halaman web hanya memuat 500kb
 7. Loadingnya yang lama dan software yang masih kurang.


Cara masuk ke yahoo search Indonesia :
1. Masukkan http://id.search.yahoo.com/ pada address bar
2. Masukkan keyword yang ingin dicari.




3.MSN (Microsoft)
Mesin pencari ini merupakan mesin pencari pertama yang diciptakan oleh Microsoft dandiluncurkan pertama kali tahun 1998. MSN Search terdiri darimesin,indeks,dan webcrawler . Sejak diluncurkan, mesin pencari ini terus berkembang dan mengalami penyempurnaan. Pada November 2004, Microsoft melakukan upgrade terhadap mesin pencari ini dengan bekerja sama dengan Picsearch khusus untuk menampilkan hasil pencarian gambar.

Kelebihan :
1. Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam formatfile spesial.

Kekurangan :
1. Pencarian. dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.

Cara mengakses :
1. Ketik www.msn.com pada addres bar
2. Masukkan kata kunci yang ingin dicari pada search box



4. Live Search


Pengembangan yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa produk seperti Windows Live Expo, Live Search Macros, dan sebagainya.

Perubahan yang terus dilakukan Microsoft ini ternyata belum membuahkan hasil. Microsoft menyadari bahwa penggunaan brand name untuk produk mesin pencari sangatlah penting. Akhirnya untuk menciptakan indentitas baru, Microsoft menghadirkan suatu mesin pencari baru pada tanggal 3 Juni 2009, yang diberi nama Bing, kepada seluruh pengguna Internet di dunia.

Kelebihan :
1. Tentu saja pengalaman baru menjelalah PC dengan rasa tridi ( 3D ) yang canggih berkat AERO
2. Perbaikan dan penambahan fitur yang lebih canggih seperti Clear, Confident and Connected
3. Kualitas tampilan yang prima
4. Lebih sedikit system – crash dibanding pada Windows XP
5. Built – in Support Option yang memberikan keleluasaaan lebih kepada pengguna
6. Mode pencarian file yang lebih mudah/live search
7. Security lebih baik

Kekurangan :
1. Fitur – fitur canggihnya bekerja optimal hanya pada lingkungan windows
2. Belum dibarengi dengan diluncurkannya software yang secara eksklusif mendukung dan bersinergi dengan fitur – fitur Vista
3. Terlalu banyak varian seri yang mungkin akan membingungkan calon pengguna
4. Bila spek komputer minim akan terasa berat
5. Terlalu banyak tampilan yg seharusnya tidak di gunakan

Cara mengakses :
1. Ketik www.livesearch.com pada address bar,
2. Masukkan keyword pada searchbox.



5. Wisenut

Wisenut  adalah berbasis crawler mesin pencari yang dimiliki oleh Looksmart.Wisenut diperkenalkan database segar dan  hits relevan. Meskipun  awal yang baik, Wisenut pernah berhasil menjadi mesin pencari utama.  Initidak memiliki pencarian boolean dalam pencarian standar dan fitur pencarian lanjutan.Tidak seperti mesin pencari lainnya, Wisenut tidak cache halaman. Wisenut  ditutup untuk selamanya pada tanggal 28 September 2007.

Kelebihan :
1. Situs yang ditampung oleh database ini sekitar 579 juta buah
2. Terdapat 21 bahasa dunia yang berbeda tetapi bahasa Indonesia belum ada
3. Bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan
4. Menyediakan form isian untuk mencari database yang diinginkan
5. Adanya pemfilteran terhadap situs-situs pornografi

Kekurangan :
1. Tidak ada bahasa Indonesia

Cara Mengakses :
1. Ketik www.wisenut.com pada browser,
2. masukkan keyword dengan bahasa yang dipilih, namun tidak tersedia bahasa indonesia.



6. Webcrawler

WebCrawler adalah mesin metasearch yang memadukan hasil pencarian teratas dariGoogle, Yahoo, Bing Search (sebelumnya MSN Search dan Live Search), Ask.com,About.com, Miva, LookSmart dan mesin pencari populer. WebCrawler jugamenyediakan pilihan kepada pengguna untuk mencari gambar, audio, video, berita,halaman kuning dan halaman putih. WebCrawler adalah merek dagang terdaftar dariInfoSpace, Inc

WebCrawler merupakan search engine pertama web untuk menyediakan pencarianteks lengkap. Ia pergi tinggal pada tanggal 20 April 1994 dan telah diciptakan olehBrian Pinkerton di University of Washington. Hal ini dibeli oleh America Online pada tanggal 1 Juni 1995 dan dijual kepada Excite pada tanggal 1 April 1997. WebCrawlerdiakuisisi oleh InfoSpace pada tahun 2001 setelah Excite, (yang kemudian disebutExcite @ Home), bangkrut. InfoSpace juga memiliki dan mengoperasikan mesintersebut Dogpile metasearch, MetaCrawler dan Excite.

WebCrawler awalnya mesin pencari yang terpisah dengan database sendiri, danditampilkan hasil iklan di wilayah yang terpisah dari halaman. Baru-baru ini telahdireposisi sebagai mesin metasearch, menyediakan komposit diidentifikasi secara terpisah hasil pencarian disponsori dan non-disponsori dari sebagian besar mesinpencari populer.

Kelebihan :
1. Mengetahui lebih detail tentang sebuah situs
2. Mampu mengeksplorasi rincian informasi sebuh situs dengan cepat

Kekurangan :
1. Halaman-halaman yang lamban saat dipanggil mungkin dilewati begitu saja
2. Kurang efisien saat mengeksplorasi

Cara Mengakses :
1. Ketik www.webcrawler.com pada browser,
2. Akan muncul tampilan search box dan pilihan menu web.
3. Masukkan keyword pada search box dan tekan enter



7. Looksmart
Looksmart  adalah sebuah perusahaan periklanan online yang berbasis di San Francisco. Looksmart menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks, serta ditargetkan bayar per klik pencarian dan iklan kontekstual melalui Jaringan Iklan yang Cari. Untuk penerbit yang ingin membuatjaringan sendiri bermerek Kekurangan dari Looksmart :
mereka iklan vertikal, Looksmart juga lisensi dan pengelolaan
jaringan pencarian iklan menggunakan platform AdCenter nya.  Looksmartadalah salah satu dari lima anggota pendiri Panel Pengukuran Klik IAB.

Kelebihan :
1. Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks.

Kekurangan :
1. Bukan situs web yang gratis

Cara Mengakses :
1. Ketik www.looksmart.com pada browser kalian, maka akan muncul seperti gambar diatas
2. Masukkan keyword yang ingin dicari, lalu tekan enter.

1 komentar: